Tri Budi Santoso

 Tri Budi SantosoBpk. Tri Budi Santoso adalah salah satu pakar OT senior di Indonesia. Kiprahnya di bidang Anak-anak berkebutuhan khusus sudah tidak diragukan lagi. Pak Budi Solo, begitu panggilan akrab beliau, juga sangat konsisten dalam mengajar dan membimbing penelitian di bidang pediatric, seksualitas dan ergonomis. Beliau juga aktif sebagai klinisi okupasi terapis di Budi Center Pediatric Clinic Solo.

Sejak bergabung dan menjadi rekan milis Puterakembara pada tanggal 3 April 2005 (3-4-05) Pak Budi cukup banyak memberi masukan seputar okupasi terapi pada orang tua yang sedang bingung. Beberapa kali juga Pak Budi membantu orang tua memberi assessment dan konsultasi secara gratis via Parents Support Group.

Terima kasih Pak Budi. Semoga Bapak selalu diberi semangat dan kesehatan dalam melanjutkan karya ini. Kolom Tokoh ini dibuat sebagai penghargaan dari Puterakembara. (LM 7/10/09)

Berikut biografi tulisan beliau.

ABOUT ME

Saya lahir dan besar di kota tercinta Solo, sebuah kota yang menurut saya eksotik, nyaman, full of culture, social and politics phenomena sekaligus kota tempat wisata batik dan kuliner yang tidak ada duanya…(promosi neh..hehe). Sejak kecil saya tinggal di lingkungan anak/orang dengan disability (istilah Indonesianya berkebutuhan khusus), dulu namanya Rehabilitation Centrum Prof. Dr. Soeharso di Solo. Kebetulan Ayah saya bekerja di Institusi tersebut sebagai pengasuh asrama dan kebetulan saya sekeluarga tinggal di situ selama kurang lebih 17 tahun. Baru kemudian setelah ayah pensiun keluarga baru pindah, keluar dari kompleks. Mengingat sehari-harinya saya bermain dengan mereka, saya tahu betul seluk beluk anak dengan disabilitas mulai dari Cerebral Palcy, Polio, amputasi, kecacatan bawaan, Down Syndrome maupun Retardasi Mental. Jaman kecil saya Autis kayaknya belum ada dech ato belum kenal ajahh.

Selepas dari SMA Negeri 2 Solo saya melanjutkan ke Akademi Fisioterapi Depkes Solo (AKFIS). sebuah institusi cikal bakalnya fisioterapis yang ada di tanah air, karena hati kecil saya ingin menolong anak-anak dengan special needs jika nanti setelah lulus. Setelah wisuda dari Akademi Fisioterapi Solo, niat saya jadi klinisi pupus sudah karena Direktur AKFIS pada waktu itu Dr. Handojo Tjandrakusuma yang juga penerima Sasakawa award dari WHO meminta saya untuk stay di kampus menjadi asisten dosen pada tahun 1988. Setahun kemudian saya mendapat tawaran bea siswa untuk belajar tentang okupasi terapi di University of Alberta Edmonton Canada selama 4 tahun. Dengan semangat membaja akhirnya kelar juga dan mendapat BSc.OT.

Tahun 1994, pulang langsung membuka sekolah Akademi Okupasi Terapi Surakarta yang difasilitasi oleh Depkes, CIDA dan University of Alberta dengan bantuan konsultan Professor Sharon Brintnel yang sekarang menjadi Presiden WFOT atau World Federation of Occupational Therapists. Tiga tahun kemudian 40 mahasiswa saya lulus dan bekerja di berbagai Institusi di tanah air. Mulai saat itulah okupasi terapis berperan membantu anak dengan kebutuhan khusus. Sekarang mahasiswa saya sudah hampir 600an okupasi terapis yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Tak lama berselang, tahun 2000 saya mendapat beasiswa lagi untuk melanjutkan S2 okupasi terapi di La Trobe University, Victoria Australia atas biaya dari HP V Project Departemen Kesehatan RI mengambil spesialisasi handwriting dan sensory integration. Dengan bekerja keras, kuliah sambil bekerja macem-macem lah (pernah jadi attendance care, waitress, room attendant di hotel, dll….asyikk loh bekerja sambil kuliah..menantang banget) akhirnya selesai dapet Master of Occupational Therapy tahun 2002. Pulang dan balik lagi ke kampus, mengajar dan membimbing penelitian mahasiswa di bidang pediatric, seksualitas, ergonomic, hampir sebanyak 20an judul penelitian.

Di sela-sela kesibukan mengajar dan meneliti, saya juga bekerja sebagai klinisi okupasi terapis di bidang pediatric semua kondisi anak dari tahun 1996 sampai sekarang. Saat ini saya bekerja di Klinik Natura Medika Solo dan pediatric center yang saya dirikan bernama Budi Center Pediatric Clinic di Solo. Saya engga menghitung berapa ratus anak yang sudah saya pegang. Kurun waktu tersebut saya juga sering diundang orang tua maupun institusi yang menangani anak dengan kebutuhan khusus diberbagai kota di Indonesia untuk memberikan seminar, workshop maupun konsultasi pada orang tua di berbagai kota di Indonesia dan sampai sekarang undangan masih mengalir Alhamdulillah.

Sebagai bentuk tanggung jawab social membantu anak dengan kebutuhan khusus, saya sering mengadakan ceramah, konsultasi dan assessment gratis di Solo kota saya tercinta. Selain itu saya juga sering bekerja sama dengan beberapa LSM yang bekerja untuk menangani disabilitas.

Saya juga aktif di organisasi profesi Ikatan Okupasi Terapis Indonesia sebagai Delegasi OT Indonesia untuk Federasi OT seDunia dimana saya sering berkesempatan hadir baik mengikuti rapat organisasi Okupasi Terapis Tingkat Dunia (WFOT) maupun memberikan presentasi tentang Okupasi Terapi pada komunitas (kondisi anak), Disaster Management..maupun program-program kampus. Banyak negara yang saya kunjungi secara gratis seperti Singapore, Malaysia, Hong Kong, Sri Langka, Australia, South Africa, Thailand, dll. Kayaknya hanya benua Eropa dan Amerika latin yang belum saya kunjungi. Dari aktivitas tersebut saya bisa menjalin network dengan para pakar OT dari semua penjuru dunia dari berbagai universitas sekaligus konsultasi gratis dengan mereka. Pokoknya asyik banget dech.

Bagi yang belum mengenal saya, Budi orangnya simple, suka humor, apa adanya (Yes means Yes, No..means No dan ga suka basa-basi), pekerja keras, komunikatif, ceplas-ceplos kadang kebablasan hehe... Saya suka memasak…maklum..mamiku punya catering..dulu loh..pernah jadi juru masaknya Ibu Konsulat Jendral RI di Edmonton Alberta Canada. Selain itu saya suka lari pagi, sepedaan di desa-desa..daannn wisata kuliner…mantapp...

Saat ini saya memiliki 3 anak yang sudah lumayan gedhe..Nicole, Kevin dan Boyke…serta istri saya tercinta Siti Fatimah, SPd yang memberikan full support untuk membantu anak dengan kebutuhan khusus..

Demikian sekilas tentang saya. Tengkyu Banget…yach.

Regards from solo the spirit of java,
Budi

  • BS-1
  • BS-2
  • BS-Fam-1
  • BS-Fam-2
  • Ibrahim _amp_ Oom Budi
  • Seminar SI di Banjarmasin

Simple Image Gallery Extended

Home   •   Kolom Tokoh   •   Bpk Tri Budi Santoso